Serang, (25/04/15). Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) tahun ini telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kota Serang. Sebagai tuan rumah perhelatan akbar antar SD, SMP, SMA/SMK ini berjalan mulus. Pasalnya, meski kepanitiaan berbeda dari sebelumnya di mana telah ditangani oleh Kementerian Agama Kota Serang, namun panitia tetap masih kompak. Meski menuai kecaman dan kritikan yang menunjukkan pro dan kontra akhirnya terlaksana dengan baik. 


“Mari kita tunjukkan nilai kebersamaan dan kegotong-royongan, yang telah kita bangun bersama dengan semangat kekeluargaan” ujar Cecep Nikmatullah, M.Pd.I, Ketua MGMP PAI SMP Kota Serang. Kegiatan ini menampung dan memfasilitasi kemampuan bakat dan minat peserta didik di bidang seni dan keterampilan agama Islam yang berada di tingkat sekolah.



Pelaksanaan Pentas PAI Kota Serang di jalan KH.A. Fatah Hasan Blok D/8 Ciceri Kota Serang ini alhamdulillah telah mendapat perwakilan yang akan masuk ke Tingkat Provinsi Banten yang rencananya akan diselenggarakan pada pertengahan bulan Mei 2015.
Beberapa jenis mata lomba yang telah diperebutkan adalah sebagai berikut:
(1) Musabaqah Tilawatil Qur’an (SD/SMP/SMA/SMK), (2) Musabaqah Hifdzil Quran Juz-30 (SD/SMP), (3) Lomba Pidato PAI (SD/SMP/SMA/SMK), (4) Lomba Cerdas Cermat PAI (SD/SMP), (5) Lomba Kaligrafi Islam (SMP), (6) Lomba Kreasi Busana (SMA/SMK), (7) Lomba Debat PAI (SMA/SMK), dan (8) Lomba Seni Nasyid (SMA/SMK).





Pendidikan agama Islam bertujuan untuk membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia dan memiliki pengetahuan yang cukup tentang Islam. Pendidikan ini lebih menekan pada bagaimana peserta didik mampu mengamalkan dan mengimplementasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, di tengah masyarakat.

Dengan demikian, Pendidikan gama Islam tidak hanya menekankan pada aspek kognitif, namun yang lebih penting adalah aspek afektif dan psikomotornya. Demikian disampaikan oleh Kepala Kemenag Kota Serang Dr. H. Bazari Syam, MS, M.Pd.I. saat membuka PENTAS PAI tahun 2015 Tingkat Kota Serang. Begitupun halnya bagi guru PAI, kegiatan ini merupakan event untuk mengembangkan bakat dan potensi guru PAI dalam pembelajaran PAI.




Pentas PAI tahun 2015 Tingkat Kota Serang ini sebagai pelaksanaan program dan kegiatan yang telah direncanakan sebagai upaya pembinaan, pengembangan, pemberdayaan dan peningkatan mutu PAI. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik SD, SMP, dan SMA/SMK negeri maupun swasta dalam mengekspresikan dan mengembangkan bakat, minat, dan potensi, serta kemampuan di bidang keterampilan dan seni PAI sehingga dapat menanamkan sikap keberanian yang bertanggung jawab, kemandirian dan sportifitas yang mumpuni. Ucapan terima kasih pun keluar dalam sambutannya yang selalu menyemangati guru PAI Kota Serang. “Mari kita tunjukkan bahwa guru agama menjadi garda depan untuk membangun Kota Serang yang Madani ini” imbuhnya penuh semangat.




Kasi Pakis, Hj. Rini Trihapurwani, M.Pd menyatakan bahwa Pentas PAI penting untuk dilaksanakan dalam rangka memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa yang berprestasi, di samping itu juga untuk memperkokoh aspek Emotional Quotient (EQ) dan aspek Spiritual Quotient (SQ) sehingga diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki akhlak mulia.“Mari kita junjung sportivitas, selamat berlomba dalam lomba Pentas PAI tingkat Kota Serang”, ujar Mutobi’in, selaku Ketua Panitia.





Harapan kita semoga kegiatan ini diharapkan jangan hanya dijadikan sebagai ajang perlombaan untuk membawa harum nama sekolah masing-masing, akan tetapi dapat menjadi ajang silaturahmi dan memberikan motivasi untuk meningkatkan pemahaman siswa dan guru PAI terhadap ajaran agama Islam yakni membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia. 




Kegiatan ini bukan hanya sebatas seremoni semata yang tanpa makna, tetapi yang paling penting adalah penyelenggaraan PENTAS PAI ini hendaknya lebih mendorong kita untuk lebih semangat mempelajari, menghayati dan selanjutnya mengamalkan ajaran Islam secara murni dan konsekuen dalam kehidupan sehari-hari.

0 comments:

Post a Comment

 
Top